Keanu adalah Perpaduan yang Sempurna

Selasa, 12 April 2011

Panduan Memperkenalkan Makanan Padat Pertama

  1. Perkenalan makanan padat. Perkenalkan makanan baru secara bertahap satu persatu karena sistem imun dan pencernaan Si Kecil belum sempurna yang menyebabkan ia sensitif terhadap makanan tertentu (alergi). Berilah jarak 3-5 hari untuk menggganti jenis makanan baru guna mengetahui adanya reaksi alergi terhadap makanan (misalnya ruam, nyeri perut, muntah, diare). Mulailah memberi makanan yang rendah resio memicu alergi, seperti tepung beras, apel, wortel, daging ayam, dll).
  2. Posisi Si Kecil. Pastikan bahwa Si Kecil berada pada posisi duduk (minimal setengah duduk atau posisi kepala lebih tinggi dari perutnya), di pangkuan Bunda atau di tempat duduk bayi. Jika dalam posisi terlentang bisa tersedak.
  3. Belajar melan. Awalnya mungkin Si Kecil akan melepehkan kembali makanan yang Bunda suapkan, hal ini karena Si Kecil memiliki refleks dorong yang menyebabkan lidahnya keluar semua yang masuk ke dalam mulutnya. Tetapi tidak akan berlangsung lama, selama Si Kecil antusias, teruskan untuk menyuapkan makanan ke dalam mulutnya.
  4. Porsi makan. Bunda dapat meningkatkan porsi dan frekuensi makan Si Kecil secara bertahap.
  5. Melatih keterampilan makan. Jika sudah mulai bisa menggenggam sendiri sendok atau biskuitnya. Hal ini bisa melatih perkembangan motorik halusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar